Dibalik Makna Tanggal Lahir

Sumber: www.AnneAhira.com

Kelahiran bukan sekadar menantikan datangnya sosok manusia baru dalam kehidupan. Namun, kelahiran juga berarti sebuah momen yang harus diingat seumur hidup. Baik bagi orang tua, keluarga maupun si jabang bayi kelak setelah dewasa.

Oleh karenanya, banyak keluarga yang memilih waktu kelahiran seorang bayi, karena yakin bahwa akan makna tanggal lahir berkorelasi dengan banyak hal.

Dengan tekhnologi modern, kini sangat memungkinkan bagi para calon orang tua untuk memilih waktu kelahiran bagi anak-anak mereka. Hal ini biasanya disesuaikan dengan makna tanggal lahir atau momentum tertentu sebagai atau waktu spesial.

Beberapa momen yang sering dipilih sebagai hari kelahiran di antaranya pada tanggal 17 Agustus yang sekaligus hari Kemerdekaan bangsa Indonesia. Atau juga pada tanggal kembar, seperti tanggal 10 Oktober 2010, yang jika dijabarkan menjadi 10-10-10.

Tentang Nasib

Mengapa banyak orang tua yang memilih waktu khusus saat kelahiran anak mereka? Salah satunya adalah kepercayaan bahwa hari yang baik akan membawa nasib baik selalu menyertai perjalanan hidup sang anak hingga dewasa nanti. Dalam perhitungan China, dikenal dengan istilah shio. Dalam istilah ramalan Jawa, perhitungan tanggal kelahiran ini disebut dengan istilah weton.

Kedua perhitungan tersebut sama-sama bersifat meramal tentang proses kehidupan seseorang. Yang membedakan adalah, dalam sistem peramalan China, disimbolkan dengan binatang dan perhitungan waktunya adalah tahun. Sementara dalam perhitungan Jawa, menggunakan sistem nama hari penanggalan Jawa. Yaitu Pon, Wage, Pahing, Kliwon, Legi.

Selain itu, penanggalan dan perhitungan Jawa hanya digunakan dan dipercayai oleh masyarakat yang berdiam di tanah Jawa. Itu pun tidak keseluruhan. Hanya bagian masyarakat tertentu saja yang masih mempercayai perhitungan tersebut.

Di antaranya adalah masyarakat di Jawa Tengah, Yogyakarta serta Jawa Timur. Sedangkan bagi masyarakat yang hidup di Jawa Barat atau Jakarta sudah kurang begitu mengenal sistem perhituangan Jawa tersebut.

Sementara, perhitungan China yang dikenal dengan istilah Shio, kelompok masyarakat yang menggunakan perhitungan tersebut lebih luas. Tidak hanya terbatas di daratan China, namun masyarakat keturunan China yang hidup di berbagai belahan dunia masih mempercayai perhitungan tersebut.

 

Posted on November 14, 2010, in - News - and tagged . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Dibalik Makna Tanggal Lahir.

Komentar ditutup.

  • %d blogger menyukai ini: