‘Pie Kurma’ Buat Buka Puasa

Buat kamu yang muslim tentunya tahu bahwa mengonsumsi kurma saat berbuka merupakan salah satu sunah. Nah, kurma nggak hanya dikonsumsi secara langsung, lho. Kamu pun bisa memodifikasinya menjadi berbagai bentuk makanan.

Saat bulan Ramadhan, buah kurma menjadi salah satu primadona di berbagai tempat perbelanjaan. Berbagai jenis kurma pun siap kamu pilih untuk diboyong ke rumah. Setidaknya ada lebih dari 10 jenis kurma yang biasanya selalu ada di pasar. Pasar Tanah Abang adalah salah satu tempat di Jakarta yang selalu menyediakan kurma sepanjang tahun.

Bagi kamu yang berpuasa, disarankan untuk mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka dan air putih, dengan alasan kesehatan dan agama. Jadi, nggak heran kalau kurma menjadi salah satu menu yang ada saat berbuka di tempat-tempat umum.

Kurma sangat baik untuk berbuka, karena berfungsi untuk menaikkan kadar gula darah dalam tubuh, yang turun setelah berpuasa seharian. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Department of Health & Human Sciences di Universitas London Metropolitan pada tahun 2003, kurma mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan. Buah kurma mengandung kalori, lemak, sodium, dan gula. Tapi nggak perlu takut karena kurma nggak mengandung kolestrol sehingga semua nutrisi yang ada dalam kurma bermanfaat untuk tubuh.

Ada beberapa orang yang enggan untuk mencicipi kurma karena melihat “penampilan”nya yang kusut dan kurang menarik selera. Kamu bisa mencicipi kurma dengan berbagai bentuk olahan. Bahkan, saat ini sudah ada perusahaan minuman yang menjual sirup kurma.

Apalagi sekarang sudah nggak jamannya menolak mencicipi satu bahan makanan karena nggak suka dengan bentuk dan penampilannya. Kamu bisa mencoba kurma dalam bentuk pie, cake, dan puding. Selama bulan Ramadhan, kamu bisa cukup mudah untuk memperoleh makanan-makanan dengan bahan dasar kurma tersebut. Tapi, kalau kamu ingin membuat sendiri makanan dari kurma yang cepat dan simple, kamu bisa coba untuk membuat pie kurma.

Resep Pie Kurma

Kulit pie:

250 gr tepung terigu

1/2 sdt garam

125 gr mentega

3 sdm air es.

Isi:

250 gr kurma

Cara membuat:

Tuang semua bahan ke dalam wadah. Aduk-aduk dan uleni hingga kalis. Saat adonan sudah kalis, pipihkan adonan dengan menggunakan roller untuk kemudian dimasukkan ke dalam loyang. Bentuk adonan sesuai loyang kemudian masukan kurma ke dalam adonan yang telah siap, ratakan dan tutup kembali permukaan kurma dengan adonan. Panggang hingga matang.

Kamu bisa menyajikan pie kurma ini dengan bahan pendamping lain, seperti krim ataupun es krim. Pie kurma siap disajikan untuk menu berbuka ataupun dessert setelah makan besar.

source : http://www.fimela.com/read/2011/08/09/menu-makanan-berbahan-kurma-bisa-dicoba-sendiri

Created by. 피기 사랑해 Nieza

Posted on Agustus 10, 2011, in artikel, Health, LIFESTYLE and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • %d blogger menyukai ini: