Hormon Pengaruhi Penampilan Wanita

Estrogen mempengaruhi wanita di usia yang lebih belia.

Saat ini banyak remaja di dunia usia belia berpenampilan tidak sesuai usia mereka. Mereka berdandan layaknya wanita dewasa di usia yang baru belasan tahun.

Sering kali hal ini membuat orang tua khawatir akan perkembangan mereka. Apalagi, perkembangan informasi dapat dengan mudah memengaruhi mereka.

Namun, tahukah Anda ada faktor hormonal yang dapat menjelaskan fenomena ini. Menurut sebuah penelitian terbaru, ketika berovulasi wanita cenderung ingin berpenampilan menarik.

Jika Anda memiliki anak remaja putri, Anda akan mengetahui seberapa sulitnya mengatur cara berpakaian mereka agar terlihat sopan dan sesuai usia mereka.

Dalam buku ‘The Female Brain’ yang ditulis oleh Louann Brizendine, M.D., diketahui bahwa lonjakan estrogen menyebabkan penampilan wanita muda ditujukan untuk menarik perhatian pria. Hormon juga dapat mendorong mereka memerhatikan penampilan mereka sehingga mereka terdorong untuk berdandan, bertingkah seperti yang paling gaul dan stylish, atau bahkan bertingkah layaknya film Mean Girls.

Hormon yang memengaruhi respon mereka terhadap stres sosial akan melonjak tinggi sehingga mereka akan lebih sering bereksperimen pada penampilan dan terlihat lebih sering memandangi pantulan diri mereka pada cermin,” ujarnya, dikutip dari YouBeauty.com.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang sedang berovulasi cenderung menggunakan pakaian yang lebih menarik. Menurut Sarah Hill, Ph.D., professor psikologi dari Universitas Texas Christian, mereka akan lebih banyak menghabiskan uang mereka untuk pakaian dan aksesoris seksi seperti blouse ketat, atau high heels. “Mereka bahkan menghabiskan lebih banyak waktu berdandan di depan cermin,” ia menambahkan.

Sebuah penelitian di tahun 2006 yang meneliti terkait hormon dan perilaku menemukan bahwa wanita akan memakai pakaian yang lebih feminin selama ovulasi.

Untuk wanita dewasa yang hampir menginjak masa menopause, tingkat estrogen dan testosteron melonjak sebelum terjadinya ovulasi, sedangkan remaja terlihat lebih konstan. Jika wanita dewasa merasa bergairah sebulan sekali, remaja akan merasakannya sepanjang waktu.

Tidak hanya itu, persaingan antar wanita pun secara tidak langsung membuat mereka lebih banyak berdandan. Sebuah studi mengatakan bahwa selama ovulasi, mahasiswi berpikir banyak mahasiswi menarik lainnya di kampus yang mengakibatkan mereka lebih meningkatkan penampilan.

Hormon memang berpengaruh banyak, tetapi penampilan dewasa pada remaja juga dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan diri yang mereka miliki.

Penelitian yang dilakukan oleh Sarah Hill menunjukkan bahwa kepercayaan diri wanita menurun selama ovulasi. Sarah Hill juga mengungkapkan bahwa semakin besar penurunan tingkat kepercayaan diri seseorang, maka akan semakin besar juga fokus mereka terhadap peningkatan penampilan.

Penurunan kepercayaan diri dikombinasikan dengan dorongan hormon seks akan membuat penampilan mereka jauh lebih dewasa dari usia mereka. “Wanita cenderung merasa kurang puas akan diri mereka sendiri sehingga mereka lebih berusaha menarik perhatian lawan jenis dengan cara berdandan berlebihan,” ujarnya.

hmm,, fenomena ini mirip kayak beberapa artis d indo ya… anak cewek masih belasan taun tapi dandanan udah kayak wanita dewasa. pipi banyak d dempul, life style berlebihan dll. ada juga yang wanita dewasa tapi baby face, dandanannya sederhana pula (ct: kakak aku yg ce,,hehe) jadi keliatan kya anak skolahan… ckckckck. anyway maaf ya kalau ada yg tersinggung. artikel ini cuma sharing informasi aja ko. dan inilah fakta yg ada… hehe,,

source : vivanews.com

Posted on Agustus 24, 2011, in artikel, LIFESTYLE, Women and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • %d blogger menyukai ini: